Selasa, 13 Januari 2015

CHRISTIAN VAQUERO DICORET


Sriwijaya FC memastikan mencoret legiun asing anyar mereka, Christian Vaquero dari skuat musim 2015. Menyusul, pemain asal Uruguay itu tidak lolos verifikasi yang dilakukan PT Liga Indonesia.
Pelatih Sriwijaya FC, Benny Dolo, mengatakan pihaknya telah menerima surat resmi dari PT Liga mengenai hal itu. "Dia tidak lolos verifikasi, tapi saya tidak tahu regulasi PT Liga seperti apa yang membuat dia tidak lolos. Kemungkinan karena sebelumnya dia main di divisi II Uruguay (Huracan). Karena kalau tes kesehatannya dia bagus," kata pelatih yang akrab disapa Bendol itu, kepada wartawan.
Di tempat yang sama, sekretaris SFC, Achmad Haris, menambahkan surat dari PT Liga telah mereka terima melalui faximili sehari sebelum Trofeo Persija 2015, 11 Januari lalu. "Tapi karena Trofeo itu turnamen pra musim jadi masih bisa dimainkan. Baru pagi ini kami beritahukan ke dia, sekarang dia masih di mess, besok atau lusa baru pulang (ke negaranya)," jelas Haris.
Sekadar informasi, untuk persyaratan pemain asing yang baru berlaga di ISL PT Liga memang menerapkan sejumlah regulasi. Di antaranya untuk pemain yang sebelumnya memperkuat klub di zona CONMEBOL seperti Vaquero yang memperkuat Huracan (klub yang berlaga di strata kedua kedua kompetisi profesional Uruguay).
Berdasarkan regulasi yang ada, hanya pemain yang berasal dari kompetisi kasta ketiga di Brasil dan Argentina yang bisa lolos main di ISL. Selain itu, untuk pemain yang sebelumnya berkiprah di Cili, Paraguay, dan Kolombia, minimal bermain di kompetisi kasta kedua. Selain lima negara itu, maka sang pemain sebelumnya harus bermain di kompetisi level tertinggi, termasuk yang berkiprah di kompetisi Uruguay.
Di samping itu, pemain asing yang pada musim kompetisi sebelumnya bermain di luar Indonesia wajib membuktikan bahwa, yang bersangkutan bermain sekurang-kurangnya 50 persen pertandingan dari total pertandingan resmi selama satu musim kompetisi.
Sementara berdasarkan data laman wikipedia, pada musim lalu Vaquero hanya tercatat bermain tujuh kali dari 26 laga yang dimainkan Huracan dengan mencetak lima gol.(